Hasil Karya Penerapan Model Pembelajaran PjBL dan Konsep HOTS pada Mata Pelajaran Mekanika Teknik Materi Keseimbangan Gaya Kelas X DPIB
Sabtu,
03 Desember 2022
~ Oleh Ahmad Tajab ~ Dilihat 1298 Kali
Hasil Karya Penerapan Model Pembelajaran PjBL dan Konsep HOTS pada Mata Pelajaran Mekanika Teknik Materi Keseimbangan Gaya Kelas X DPIB
Oleh : Lingga Pracna Paramita, S.Pd, Guru DPIB 1 SMK Negeri 1 Miri
Pada tahun pelajaran 2022/2023 ini program keahlian Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan (DPIB) SMK Negeri 1 Miri mulai menerapkan kurikulum terbaru yaitu Kurikulum Merdeka. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang digunakan dalam bentuk Modul Ajar yang kesesuaian rumusan tujuan pembelajaran dengan pola Audience, Behavior, Condition dan Degree (ABCD) diantaranya harus menerapkan salah satu model pembelajaran Projek Based Learning atau PjBL dengan materi pembelajaran mencerminkan pengembangan Higher Order Thinking Skills (HOTS) dan strategi pembelajaran mencerminkan integrasi Technology, Pedagogy and Content Knowledge (TPACK) serta asesmen instrumen penilaian meliputi aspek pengetahuan mencakup teori, fakta dan aplikasi; aspek keterampilan mencakup aspek fungsi, sesuai prosedur, tepat waktu dan kelayakan; aspek sikap kerja mencakup proses pembelajaran pada awal, tengah dan akhir.
Berikut adalah beberapa hasil karya berupa produk maket struktur jembatan dari stik es krim oleh kelas X DPIB 1.