SMK Negeri 1 Miri

Jl.Gemolong - Karanggede KM 2, Jeruk, Miri

We are The Best Than All

“ Konsep Kurikulum Merdeka Belajar “

Rabu, 16 Nopember 2022 ~ Oleh Ahmad Tajab ~ Dilihat 1921 Kali

 “ Konsep Kurikulum Merdeka Belajar “

 

Oleh : Lingga Pracna Paramita, S. Pd. ~ Guru DPIB SMK N 1 Miri

Dalam perkembangan dunia pendidikan, sistem Kurikulum Merdeka Belajar yang sekarang ini mulai diterapkan merupakan bentuk evaluasi dari Kurikulum 2013. Dikutip dari laman Kemdikbud, Kurikulum Merdeka adalah kurikulum dengan pembelajaran intrakurikuler yang beragam di mana peserta didik memiliki cukup waktu untuk mendalami konsep dan menguatkan kompetensi serta pada pengembangan karakter Profil Pelajar Pancasila.

Keunggulan Kurikulum Merdeka Belajar adalah lebih fokus pada materi yang penting atau esensial, sehingga belajar lebih mendalam dan tidak terburu-buru. Guru nantinya dapat mengajar sesuai tahap capaian dan perkembangan peserta didik, sedangkan kekurangannya adalah sosialisasi kurang diberikan secara intensif dan menyeluruh, sehingga masih ada ketimpangan pendidikan dan informasi yang terjadi di berbagai wilayah.

 Inilah konsep kurikulum Merdeka Belajar :

  1. Pembelajaran berbasis proyek yang bertujuan mengembangkan soft skill serta karakter sesuai profil pelajar Pancasila.
  2. Fokus pada materi esensial, sehingga ada waktu untuk pembelajaran mendalam untuk kompetensi dasar seperti literasi dan numerasi.
  3. Fleksibilitas guru untuk melakukan pembelajaran yang terdiferensiasi berdasarkan kemampuan para peserta didik.

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) pada kurikulum merdeka berbentuk modul ajar. Istilah modul ajar sama seperti Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), namun yang membedakan adalah dilengkapi dengan berbagai materi pembelajaran, lembar aktivitas siswa, dan asesmen untuk mengecek apakah tujuan pembelajaran dicapai siswa. Komponen-komponen penyusunan dan pengembangan Modul Ajar antara lain :

  1. Informasi Umum : Identitas penulis modul, Kompetensi awal, Profil Pelajar Pancasila, Sarana dan prasarana.
  2. Komponen Inti : Tujuan pembelajaran, Pemahaman bermakna, Pertanyaan pemantik.
  3. Komponen lampira : Lembar Kerja Peserta Didik, Bahan bacaan guru dan peserta didik, Glosarium, Daftar Pustaka.

Pelajari selengkapnya melalui episode “Kerngka Kurikulum Merdeka” hanya di kanal : https://www.youtube.com/channel/UC0TkyaixiWRg7KEE-IgNuTg

  

 

Sumber : https://www.inews.id/news/nasional/kurikulum-merdeka-belajar-penjelasan-konsep-keunggulannya-yang-perlu-diketahui.

  1. TULISAN TERKAIT