PENGEMBANGAN MEDIA FLIPPINGBOOK SEBAGAI KUMPULAN GEGURITAN
Kamis,
17 Nopember 2022
~ Oleh Ahmad Tajab ~ Dilihat 1141 Kali
PENGEMBANGAN MEDIA FLIPPINGBOOK
SEBAGAI KUMPULAN GEGURITAN KARYA SISWA KELAS XII
Oleh : Luluk Na'imah Guru Bahasa Jawa SMK Negeri 1 Miri
Menurut (Wardoyo, 2013) puisi adalah pengalaman, imajinasi, dan sesuatu yang berkesan yang di tulis sebagai ekspresi orang dengan menggunakan bahasa tak langsung. Artinya, puisi ditulis oleh seserang sebagai bentuk ekspresi bahasa tak langsung dan merupakan suatu hasil pengalaman, imajinasai maupun sesuatu yang berkesan dalam dirinya.
Geguritan yaiku puisi Jawa gagrag anyar sing ora kaiket guru gatra, guru wilangan lan guru lagu, nanging isih ngugemi anane rasa kaendahan ateges annaning runtuting swara lan runtuting sastra kalamangsa isih dipersudi supaya kepenak diwaca lan disurasane. Kanthi etimologi, istilah puisi asale saka basa Yunani poeima “membuat” utawa poesis “pembuatan”, lan sajroning basa Inggris diarani poem utawa poetry. Geguritan ditegesi “membuat” lan “pembuatan” amarga liwat geguritan manungsa wis nyiptakake donya dhewe, kang kaajab nduweni pakon utawa gambaran swasana-swasana tartamtu kang awujud fisik utawa batin (Aminudin. 2011:134)
Perkembangan Teknologi Informasi yang mampu mengolah, mengemas, dan menampilkan serta menyebarkan informasi pembelajaran baik audio, visual, audiovisual,
bahkan multimedia, dewasa ini telah mampu mewujudkan apa yang disebut dengan virtual learning. Konsep ini berkembang sehingga mampu mengemas setting dan realitas pembelajaran sebelumnya menjadi lebih menarik dan memberikan pengondisian secara psikologis adaptif kepada si pembelajar dimanapun mereka berada.
Pembelajaran menggunakan media pembelajaran flipbook digital menjadi solusi alternatif guna menunjang pembelajaran siswa di era revolusi industry 4.0. pembelajaran akan sangat bervariasi dan menarik dari segi tampilan visual maupun secara audio-visual. Sehingga
Penggunaan media pembelajaran flipbook digital ini menjadi solusi cerdas menghadirkan suasana belajar di dalam kelas yang lebih menarik, komunikatif, interaktif dan menunjang pemahaman siswa secara materi yang telah disampaikan oleh guru.
Sebagai guru pada era milenial dituntut mengembangan teknologi terkini. Sesuai dengan kurikulum yang berlaku. Salah satu keterampilan yang harus dikembangkan guru yaitu TPACK (Technological Knowledge, Pedagogical Knowledge And Content Knowledge). Salah satu bentuk pengembangan teknologi yaitu mengembangakan hasil karya siswa berbasis IT, yaitu kumpulan karya siswa menjadi flipbook. Kumpulan karya siswa berbentuk buku yang bisa diakses secara online. Siswa secara cepat dapat mengakses karyanya melalui internet. Dengan menggunakan flipbook merupakan salah satu cara menguranggi sampah kertas dan lebih ramah lingkungan.