GO solusi jitu mengajarkan aspek pengetahuan dari reading
Kamis,
02 Februari 2023
~ Oleh Ahmad Tajab ~ Dilihat 922 Kali
GO solusi jitu mengajarkan aspek pengetahuan dari reading
Oleh : SRI WINARNI, S.Pd.. ~ Guru Bahasa Inggris SMK N 1 Miri
Bahasa Inggris merupakan Bahasa Internasional yang digunakan berbagai Negara untuk berkomunikasi baik secara lisan maupun tulisan. Selain itu Bahasa Inggris adalah Bahasa yang digunakan dalam berbagai aspek secara global seperti aspek perdagangan, aspek pendidikan, aspek pariwisata dan sebagainya. Dengan Bahasa Inggris dapat diperoleh manfaat untuk bertukar pendapat, bertukar informasi, dan bertukar pengetahuan dengan latar Negara yang berbeda.
Aspek pendidikan, Bahasa Inggris merupakan salah satu mata pelajaran dalam Pendidikan dasar dan Menengah. Mata Pelajaran Bahasa Inggris mengakomodir peserta didik untuk dapat berbicara (Speaking), menulis (Writing), membaca (Reading) dan mendengarkan (Listening) Bahasa Inggris dengan baik
Reading (membaca) merupakan salah satu dari enam keterampilan berbahasa. Selain reading diantaranya adalah menyimak, berbicara, membaca, memirsa, menulis, dan mempresentasikan secara terpadu, dalam berbagai jenis teks.
Aspek pengetahuan dalam reading diantaranya adalah Generic structure, Language feature, dan social function. Ketiga aspek tersebut harus dikuasai peserta didik dalam membaca dan menyelesaikan soal-soal berngre text. Sesuai dengan Capaian pembelajaran dalam kurikulum merdeka ada lima text yang dipelajari peserta didik dalam Fase E, diantaranya adalah descriptive text, narrative text, procedure text, recount text, dan analytical exposition text.
GO kepanjangan dari Graphic organizer. Graphic Organizer adalah Grafik Visual yang menampilkan hubungan antara berbagai ide, konsep, fakta dan istilah dalam satu topik utama. Graphic organizer kadangkala disebut juga dengan nama peta konsep atau diagram konsep. Melalui graphic organizer, materi pembelajaran dikelola dan disajikan secara visual dan spasial. Penggunaan graphic organizer diharapkan akan memudahkan siswa mengingat informasi dan konsep yang telah diperlajari. Graphic organizer yang diintegrasikan dengan materi belajar akan memberi dampak yang sangat positif terhadap penguasaan materi.
GO dalam aspek pengetahuan reading memudahkan peserta didik untuk menganalisis aspek-aspek pengetahuan reading. Go memberikan gambaran jelas dari struktur teks, ragam bahasa dan fungsi sosial. Setiap jenis teks mempunyai struktur teks masing-masing, ragam, bahasa masing-masing, dan fungsi sosial masing-masing. Go memiliki empat jenis untuk diaplikasikan dalam aspek reading, yaitu Bagan KWL ("Know", "Want to Know", "Learned"), Diagram Venn, Diagram Lingkaran, dan Diagram Frayer.
Graphic organizer dalam pembelajaran reading dikelas dapat dimodifikasi oleh guru sesuai dengan kebutuhan pembelajaran. Ketika mengajarkan aspek pengetahuan dari reading di buat dengan isi aspek-aspek pengetahuan. Ketika mengajarkan reading skill, graphic organizer dibuat berdasarkan aspek-aspek reading skil. Bentuk graphic organizer juga disesuaikan dengan materi yang diajarkan.
Keuntungan Penggunaan Graphic Organizer di dalam kelas akan memberikan keuntungan bagi siswa dan guru di dalam proses pembelajaran. Bagi guru bermanfaat untuk membantu melihat level kemampuan siswa, membantu untuk mengaksses proses berpikir siswa, membantu guru untuk mendapatkan umpan balik proses belajar siswa. Keuntungan bagi siswa yaitu membantu memperjelas materi yang sudah dipelajari dan membantu siswa dalam membuat catatan ringkas materi yang sedang dipelajari.
Dengan demikian penggunaan graphic organizer berdasarkan pemaparan diatas, disimpulkan bahwa Graphic organizer dapat digunakan untuk mengajar reading siswa. Graphic Organizer merupakan salah satu media reading siswa dalam pembelajaran Bahasa Inggris