SMK Negeri 1 Miri

Jl.Gemolong - Karanggede KM 2, Jeruk, Miri

We are The Best Than All

PENGEMBANGAN MEDIA FLIPPINGBOOK SEBAGAI KUMPULAN GEGURITAN

Kamis, 17 Nopember 2022 ~ Oleh Ahmad Tajab ~ Dilihat 1125 Kali

PENGEMBANGAN MEDIA FLIPPINGBOOK

SEBAGAI KUMPULAN GEGURITAN KARYA SISWA KELAS XII

Oleh : Luluk Na'imah Guru Bahasa Jawa SMK Negeri 1 Miri

 

Menurut (Wardoyo, 2013) puisi adalah pengalaman, imajinasi, dan sesuatu yang berkesan yang di tulis sebagai ekspresi orang dengan menggunakan bahasa tak langsung. Artinya, puisi ditulis oleh seserang sebagai bentuk ekspresi bahasa tak langsung dan merupakan suatu hasil pengalaman, imajinasai maupun sesuatu yang berkesan dalam dirinya.

Geguritan yaiku puisi Jawa gagrag anyar sing ora kaiket guru gatra, guru wilangan lan guru lagu, nanging isih ngugemi anane rasa kaendahan ateges annaning runtuting swara lan runtuting sastra kalamangsa isih dipersudi supaya kepenak diwaca lan disurasane. Kanthi etimologi, istilah puisi asale saka basa Yunani poeima “membuat” utawa poesis “pembuatan”, lan sajroning basa Inggris diarani poem utawa poetry. Geguritan ditegesi “membuat” lan “pembuatan” amarga liwat geguritan manungsa wis nyiptakake donya dhewe, kang kaajab nduweni pakon utawa gambaran swasana-swasana tartamtu kang awujud fisik utawa batin (Aminudin. 2011:134)

Perkembangan Teknologi Informasi yang   mampu   mengolah, mengemas, dan menampilkan   serta menyebarkan   informasi pembelajaran baik audio, visual, audiovisual,

bahkan   multimedia, dewasa   ini   telah mampu mewujudkan apa yang disebut dengan virtual learning. Konsep ini berkembang   sehingga mampu    mengemas    setting    dan    realitas pembelajaran    sebelumnya    menjadi   lebih menarik dan memberikan pengondisian secara psikologis    adaptif    kepada si pembelajar   dimanapun mereka berada.

Pembelajaran   menggunakan   media pembelajaran flipbook digital   menjadi   solusi alternatif    guna    menunjang    pembelajaran siswa     di     era    revolusi     industry     4.0. pembelajaran   akan   sangat   bervariasi   dan menarik   dari   segi   tampilan   visual   maupun secara   audio-visual.   Sehingga

Penggunaan media    pembelajaran    flipbook    digital    ini menjadi   solusi   cerdas   menghadirkan   suasana belajar di   dalam   kelas   yang   lebih menarik, komunikatif, interaktif     dan   menunjang pemahaman siswa secara materi yang telah disampaikan oleh guru.

Sebagai guru pada era milenial dituntut mengembangan teknologi terkini. Sesuai dengan kurikulum yang berlaku. Salah satu keterampilan yang harus dikembangkan guru yaitu TPACK (Technological Knowledge, Pedagogical Knowledge And Content Knowledge). Salah satu bentuk pengembangan teknologi yaitu mengembangakan hasil karya siswa berbasis IT, yaitu kumpulan karya siswa menjadi flipbook. Kumpulan karya siswa berbentuk buku yang bisa diakses secara online. Siswa secara cepat dapat mengakses karyanya melalui internet. Dengan menggunakan flipbook merupakan salah satu cara menguranggi sampah kertas dan lebih ramah lingkungan.

           

  1. TULISAN TERKAIT